RSS

Konsumen Perlu Pemahaman Untuk Merasa Puas

08 Mar

Sudah memulai entrepreneurship?

Berarti setiap hari selalu berpikir efektivitas dan efisiensi, betul ya?🙂 Produk yang anda jual tidaklah semua orang tau dan paham, misalnya anda menjual racun tikus. apakah pembeli perlu mencobanya disitu ? belum tentu kan? jadi banyak produk yang memaksa untuk tidak dicoba ketika membeli, alasanya ya tidak mungkin. nah, misalnya Anda seorang Developer yang menjual Rumah. Apakah anda menjual dengan cara Indent? atau ready stock? jika menjual dengan cara INDENT, maka akan banyak pertanyaan-pertanyaan yang bisa jadi mengurangi kepuasan konsumen, padahal anda sudah berusaha sesuai dengan apa yang diinginkan. disinilah anda perlu banyak menjelaskan dan memahamkan, apa benefit produk anda dibanding tempat lain. tentunya dengan cara yang tidak berlebihan.🙂

Tingkat kepuasan konsumen mempengaruhi perilakunya untuk menyatakan produk atau jasa kepada orang lain. Dengan kondisi itu, perusahaan harus mampu menciptakan kepuasan pelanggan yang menyatu dengan sistem perusahaan.

Masyarakat selaku konsumen dalam melakukan pembelian memiliki pertimbangan akan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan seperti produk, harga, promosi, sampai manfaat. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian tidak berakhir setelah transaksi pembelian terjadi, berlanjut sampai tahap perilaku purna beli.

Pada tahap ini konsumen produk akan merasakan tingkat kepuasan atau ketidakpuasan yang akan mempengaruhi perilaku berikutnya. Konsumen yang merasa puas cenderung akan menyatakan hal-hal yang baik tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan kepada orang lain.

Oleh karena itu, di dalam proses pemasaran, perusahaan harus mampu menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Untuk menciptakan kepuasan konsumen, perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya. Di mana strategi pemasaran juga merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing  yang digunakan untuk melayani pasar sasaran.

Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung pemasaran adalah menciptakan kepuasan konsumen adalah penggunaan marketing mix yang dapat meliputi product, price, promotion, dan physical evidence. Dengan demikian, faktor yang ada dalam bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang diharapkan mampu menciptakan kepuasan konsumen, atau dengan kata lain variabel-variabel tersebut akan mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli suatu produk.

entrepreneur.com

 
Leave a comment

Posted by on March 8, 2012 in Wirasusaha

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: