RSS

Lantai Dapur Penting. Perhatikan..!

09 Oct

Sudah Punya #RUMAHIDAMAN ?

Sudah Punya #KAVLINGRUMAH ?

Sedang menunggu #RUMAHIDAMAN jadi dibangun ?

Perhatikan 1 item penting dalam Ruang Dapur #RUMAHIDAMAN mu…

Jangan asal memilih material untuk lantai dapur, atau dapur Anda akan menjadi tidak sehat gara-gara sisa noda memasak yang melekat di lantai. Lantai yang bisa menjadi solusi yang tepat.

Sebagai salah satu ruang pendukung yang sangat penting, dapur memiliki banyak fungsi di dalam rumah. Dari ruang inilah kebutuhan makan dan minum penghuni rumah dipasok. Karena itu, sangat penting merancang dapur agar aman dan nyaman, termasuk dalam hal desain lantainya.

Saat ini banyak ragam keramik yang dijual di pasaran, namun tentu tidak semua cocok digunakan di lantai dapur. Satu jenis keramik yang halus, mengkilat, dan indah memang pas sekali bila diaplikasikan di ruang tamu. Namun, belum tentu cocok diterapkan di dapur.

Saat memilih keramik untuk lantai dapur, Anda tidak boleh hanya memperhatikan sisi estetikanya. Sebaiknya Anda juga tidak melupakan faktor yang lebih penting, yaitu keamanan. Kegiatan di dapur, seperti memasak dan mempersiapkan makanan, pasti menuntut Anda untuk lebih sering mondar-mandir di dalam area tersebut. Lantai dapur yang licin lantaran terkena tumpahan air ataupun cipratan minyak bisa menyebabkan risiko, misalnya Anda terpeleset ketika berjalan.

Penggunaan material lantai untuk dapur sebaiknya tidak terfokus pada nilai estetikanya saja. Yang paling pas adalah memperhatikan tekstur keramik yang hendak digunakan. Jangan pilih keramik yang terlalu licin dan sebaiknya gunakan warna terang agar tidak terlihat kotor saat terkena noda masakan.

Keramik yang tepat untuk dapur adalah yang memiliki kriteria resistensi dan perawatan yang mudah. Selain itu, material lantai harus disesuaikan dengan gaya dapur. Terdapat beberapa pilihan material lantai yang bisa digunakan di dapur. Anda boleh memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Lantai yang terbuat dari keramik bisa menjadi pilihan untuk melengkapi dekorasi dapur.

Lantai keramik memang paling digandrungi. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, lantai keramik juga sangat mudah didapatkan. Lantai keramik memiliki beberapa kelebihan, di antaranya kedap air dan mudah dibersihkan. Selain itu, keramik bisa digunakan untuk semua desain dapur, tinggal disesuaikan saja dengan selera pemilik rumah.

Keramik memiliki kelebihan dibandingkan pelapis lantai dari kayu. Selain itu, keramik cenderung memiliki pencahayaan yang berbeda dan dapat menciptakan suasana lain di dapur.

Satu lagi material pelapis lantai lain, yaitu marmer. Jika Anda menginginkan tampilan yang sedikit mewah, marmer bisa dijadikan pilihan. Urat pada marmer memberikan tampilan yang menarik. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan marmer, sebaiknya pilih yang berwarna gelap karena marmer memiliki pori-pori yang dapat menyerap noda akibat tumpahan kopi ataupun bahan kimia.

Kelemahan marmer adalah tidak tahan terhadap goresan. Untuk mengatasi permasalahan ini, pada marmer bisa diberikan lapisan akrilik atau coating sehingga marmer tetap mudah dibersihkan jika terkena noda.

Biasanya, marmer lebih pas digunakan untuk desain dapur bergaya semiklasik. Kesan mewah dan klasik langsung bisa didapatkan ketika memasuki area dapur tersebut.
Satu lagi material yang bisa dijadikan pilihan untuk dapur Anda, yaitu granit. Pori-pori granit cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan marmer. Permukaan granit lebih mengkilap dan berbintik kecil. Granit juga lebih tahan terhadap benturan karena ikatan molekulnya cenderung lebih padat. Hal inilah yang membuat granit tahan terhadap goresan. Harganya pun cenderung lebih mahal dibandingkan keramik dan marmer.

Sumber: Koran Media Cetak.

 
Leave a comment

Posted by on October 9, 2011 in Lantai Dapur Sesuai Fungsi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: