RSS

Proses Pengajuan KPR Versi Th 2011

03 Oct

KPR (kredit pemilikan rumah) biasanya bisa dimulai setelah tersedia dana sekitar 10% higga 20% dari harga rumah. Besaranya dana awal tidak mengikat karena tergantung dari kebijakan bank.

Sebelum KPR disetujui, pembeli akan diminta untuk melengkapi persyaratan. Konsumen harus mengetahui keberadaan dan kondisi rumah yang akan dibeli. Informasi sangat penting lainnya adalah perbandingan fasilitas KPR dari bank-bank pemberi kredit. Nah klo rumahnya belum dibangun, apakah bisa cair? BISA…… Bisa banget..  Kredit = Kredibel. Nah tau artinya? Yes… dipercaya.

Biasanya bila Anda sudah menemui pihak developer, mereka telah memiliki hubungan dengan bank tertentu untuk menyediakan KPR. Sesuaikan KPR dengan kebutuhan Anda, terutama yang memberikan fasilitas yang lebih atau menarik, serta dari pihak-pihak yang dapat diandalkan.

Apakah bank Anda memiliki hubungan dengan developer yang bersangkutan, karena bila ya, maka mungkin saja Anda bisa memeroleh keuntungan yaitu subsidi bunga. Bagaimana sistem bunganya, apakah fix atau berubah dalam jangka waktu tertentu (apakah cicilan bisa berubah nilai nominalnya), fee apa saja yang harus dibayarkan dalam proses KPR tersebut.

Apa keunggulan fasilitas KPR dibandingkan fasilitas KPR dari bank lain karena masing-masing bank memberikan fitur berbeda untuk menarik konsumen. Bila Anda bekerja pada institusi pemerintah, misalnya pegawai negeri sipil (PNS) atau TNI, atau Polri, ada kemungkinan terdapat pilihan KPR yang telah bekerja sama dengan instansi Anda. Fasilitas yang tersedia misalnya subsidi uang muka sehingga lebih ringan bagi Anda.

Bank akan menyeleksi baik dari pihak konsumen yang akan mengajukan KPR, dan menyeleksi pengembang yang mengembangkan sebuah perumahan, atau menyeleksi pihak yang terkait dengan pemberian KPR tersebut. Biasanya bank akan menyeleksi konsumen berdasarkan track record atau kemampuan konsumen tersebut.

Karena itu dibutuhkan informasi tentang pemasukan konsumen, yang biasanya sepertiga dari pemasukan harus bisa dibayarkan untuk KPR, dan terdapat batasan umur maksimal sekitar 55 tahun untuk karyawan. Bila Anda sudah yakin akan pilihan rumah dan bank pemberi KPR Anda, kunjungi bank tersebut dan mintalah informasi pengajuan KPR.

Biasanya bank akan memberikan beberapa persyaratan. Setelah persyaratan Anda bawa ke bank, biasanya akan diadakan wawancara. Bila wawancara disetujui, Anda dapat membayarkan uang muka pembelian rumah ke developer dan menunggu keluarnya SPPK (surat Persetujuan Perjanjian kredit).

Langkah selanjutnya adalah menemui notaris untuk menandatangani akta kredit dan mengurus sertifikat. Tahap selanjutnya adalah penyerahan kunci. Sertifikat Anda masih ditahan Bank sampai Anda melunasi semua cicilan kredit.

Nah, skema paling idealnya adalah:

Anda–> BI checking–> Keluar Plafont–> Cocok atau tidak dg harga Rumah–> Bayar BF dan DP–> Akad Kredit KPR–> Pencairan Pertama–> Rumah dibangun–> Pencairan kedua–> Serah terima Kunci.

Nah untuk lebih detailnya bisa kontak Admin kami klik disini

FOLLOW @rumahsukasuka

FOLLOW @wempiroman

 
Leave a comment

Posted by on October 3, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: