RSS

Jeli Milih Untuk Ajukan KPR

20 Sep

Sampai mana proses membeli propertimu?

Tunggu apa untuk membeli Properti?

Adakah Program yang memudahkan masyarakat untuk memiliki rumah idaman?

Anda sudah memilih rumah yang Anda idamkan. Kini tinggal proses pembiayaannya. Maklum, Anda tidak memiliki dana sebesar harga rumah yang mencapai ratusan juta itu. Untuk memiliki rumah idaman, Anda akan memanfaatkan fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR). Kini, Anda sedang menimbang-nimbang bank untuk mengajukan KPR. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih bank:

1. Segmentasi bank
Beberapa bank bersaing pada segmen sama, yaitu rumah-rumah kelas menengah di pinggiran Jakarta dengan kisaran harga Rp150 juta – Rp300 juta. Biasanya developer sudah menggandeng bank-bank tersebut sejak awal, kecuali perumahan spesifik yang dibangun developer yang satu grup perusahaan dengan sebuah bank, dimana bank tersebut tentu dijadikan sebagai KPR pilihannya.

2. Fleksibilitas
Umumnya persyaratan pengajuan KPR di semua bank sama, namun pertimbangan fleksibilitas bank harus dijadikan pertimbangan utama. Contoh join income atau cicilan yang dibayar bersama suami dan istri seringkali menjadi masalah yang pelik.

Beberapa bank memandang istri hanya komponen penunjang untuk cicilan kredit. Akibatnya status istri tidak menjadi masalah besar, apakah istri karyawan permanen atau kontrak dan belum memiliki NPWP. Sebaliknya beberapa bank memandang istri sebagai komponen utama, akibatnya semua dokumentasi harus lengkap.

3. Birokrasi
Birokrasi terkait dengan sistem kerja bank tersebut. Beberapa bank menggunakan sistem account officer (AO), dimana proses pencarian nasabah, analisa kredit hingga appraisal dikerjakan oleh satu orang yaitu AO dari awal hingga akhir.

Keuntungannya appraisal yang dihasilkan bisa lebih tinggi, apalagi untuk rumah bekas. Sebaliknya beberapa bank lainnya menggunakan sistem bertingkat. Artinya grup bisnis dan analis adalah orang yang berbeda. Dalam kasus ini proses pencarian nasabah dikerjakan si A, sedangkan perhitungan kredit dikerjakan oleh si B. Sedikit lebih rumit memang, namun melalui sistem ini bank-bank tersebut berani menawarkan bunga paling rendah. (*/dari berbagai sumber)

Untuk mendapatkan RUMAH IDAMAN dengan mudah di Daerah Jabodetabek, klik disini

atau follow twitter @rumahsukasuka

 
Leave a comment

Posted by on September 20, 2011 in Milih KPR Perbankan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: