RSS

Kiat Kreatif “Meledakkan” Lokasi Properti

25 Apr

1. lokasi dan akses.
Pemilihan lokasi yang memperhitungkan berbagai aspek kenyamanan penghuni terutama jalan akses menuju lokasi. Misalnya kawasan-kawasan yang berpotensi untuk peningkatan lalu lintas karena dilaluinya arus dari Landmark satu ke Landmark lainnya. Misalnya Daerah Arcamanik Bandung akan ditembus akses dari Gedebage-Kawasan Arcamanik-Jalan Surapati Bandung

2. Tema dan master plan.
Pengembangan konsep yang terpadu dan konsisten. Tema dan master plan merupakan pendekatan kreatif awal untuk menciptakan identitas yang unik. Misalnya bertema “Green, Taman, High Tech, Multimedia, Dekat Kota, Kawasan Berkembang, Dekat Stasiun, Nyaman dan Aman, Great City, One Stop Fasility, dll

3. Fasilitas.
Konsumen harus dipuaskan dengan pengadaan fasilitas umum dan fasilitas sosial selengkapnya di kawasan pemukiman. Namun fasilitas itu tidak perlu sekaligus pada tahap awal pengembangan karena itu meningkatkan biaya produksi dan justru akan membebani para pembeli. Fasilitas dibangun bertahap sesuai dengan peningkatan kepadatan pemukim dengan urutan sebagai berikut: tempat ibadah, sekolah, pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan,fasilitas olahraga. Bila fasilitas selengkapnya langsung dibangun, harga kepada pembeli pun akan langsung tinggi. Ini tidak akan memberikan keuntungan kepada pembeli-pembeli pertama, di samping juga merupakan risiko yang besar bagi pengembang, Sebab, bila resesi datang, biaya uang akan melambung dan pengembang akan menderita.

4. Kualitas
Semua fasilitas yang dibangun (rumah, jalan, lingkungan) harus bermutu tinggi. Kualitas yang bagus bukan berarti pilihan bangunan yang mewah sehingga tidak terjangkau oleh pembeli. Kualitas harus disesuaikan dengan kemampuan dan aspirasi pembeli.

5. Lingkungan
Pemukim tak hanya mengharapkan rumah yang baik, tetapi juga lingkungan yang menyenangkan. Kewajiban pengembang untuk mengetahui rencana jangka panjang Pemerintah terhadap kawasan yang dikembangkan. Misalnya Pemerintah mencanangkan Bandung Utara sebagai kawasan KDB 20%, Rencana Pemerintah bahwa daerah Jonggol Bogor akan jadi kota satelit selanjutnya, dll

6. Layanan
Pembeli mengharap untuk memperoleh layanan. Layanan juga meningkatkan citra. Padahal layanan adalah bagian yang paling murah dari produk yang dipasarkan. Layanan tak hanya diberikan saat pembeli membeli rumah, tetapi diusahakan berkelanjutan. Misalnya kantor pemasaran cukup di lokasi, walau sederhana tapi merepresentasikan citra yang ramah dan dinamis.

7. Gaya Hidup
Pengembang perlu menciptakan keakraban di antara sesama penghuni, kemeriahan, serta keamanan. Kat tersebut selain menciptakan gaya hidup yang khas, juga meningkatkan kepuasan pembeli.

8. Partisipasi
Pengembang juga perlu menggalakkan partisipasi pemukim untuk menangani kebutuhan lingkungannya. Misalnya dengan mendukung dibentuknya Home Owners Association yang kelak akan menangani masalah sampah, taman, keamanan, dan lain lain. secara swadaya masyarakat.

9. Janji

Janji adalah hutang-hutang harus dibayar secepatnya, berikan janji yang realistis kepada calon user dan kepada stak holder

10. Pertambahan nilai
Pembangunan fasilitas di kawasan pemukiman akan menaikkan nilai properti. Pengembang harus merasa bertanggung jawab agar properti yang sudah dibeli tidak akan jatuh harganya di kemudian hari karena memburuknya lingkungan dan sebagainya.

UDAH AH JANGAN TEORI MELULU—–EKSYEN EKSYEN EKSYEN……!!!

Belajar Mudah Dengan Ebook Bisnis Properti —->http://developerkreatif.com/

sumber : ciputraentrepreneurship dot com

 
1 Comment

Posted by on April 25, 2011 in Uncategorized

 

One response to “Kiat Kreatif “Meledakkan” Lokasi Properti

  1. ljhookercandi

    April 23, 2012 at 8:00 am

    wah hebat, harus di coba nih

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: