RSS

Menghitung Laba Atas Investasi Anda

06 Mar

Return On Investment (ROI) , ya sebutan nyentriknya untuk kalangan para investor dan pengusaha, merupakan komponen terpenting dalam sebuah bisnis dan entrepreneurship. Laba atas investasi perlu dihitung secara tepat untuk memastikan bahwa bisnisnya mampu untuk berkembang dimasa yang akan datang. Tidak hanya terfokus pada margin keuntungan atap produk dan jasa yang kita tawarkan ke kostemer, tapi harus diperhatikan oleh seorang entreprenuer adalah jumlah dana yang diinvestasikan dalam menarik penjualan dan seberapa besar dana yang itu dikembalikan untuk usaha sendiri. Jika investasi hanya bisa menghasilkan sedikit keuntungan saja, sebuah jajaran produk bisa dipastikan akan mengalami kegagalan di pasar dalam jangka panjang.

Simpelnya gini, laba atas investasi dapat didefinisikan sebagai sebuah perhitungan yang memungkinkan suatu usaha yang diterima dari sebuah penanaman modal yang berupa Materi (uang-tanah) atau Sumber Daya (manusia dan sistem). Persamaan yang biasa digunakan untuk menghitung laba atas investasi ialah: Laba = ( laba atas investasi – investasi awal ) / investasi x (100).

Laba = ( laba atas investasi – investasi awal ) / investasi x (100)

cara mudah menghitung laba atas investasi:

Cara mudah menghitung laba atas investasi:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memperoleh informasi dasar yang diperlukan, yaitu laba atas investasi.
  2. Selanjutnya ialah Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi investasi awal. Investasi awal diasumsikan meliputi uang yang dibelanjakan dan waktu yang dihabiskan  karyawan.
  3. Kini Anda dapat memulai untuk membuat persamaan.
  4. Setelah memastikan persamaan tersebut terisi dengan benar, Anda dapat menghitung ROI.


Sebuah contoh kasus:

Perusahaan A berinvestasi sebesar Rp 500 juta dalam sebuah usaha peluncuran produk baru. Setelah peluncuran produk itu, perusahaan A menerima jumlah penjualan sebesar 900 buah. Jumlah dana dari penjualan baru yang mencapai angka Rp 600 juta.

Langkah pertama yaitu menemukan jumlah laba atas investasi yang sebesar Rp 100 juta. Langkah kedua ialah dengan mengetahui jumlah investasi awal Rp 500 juta. Langkah ketiga yaitu menyusun persamaannya:

laba atas investasi = (Rp 600 juta – Rp 500 juta) dibagi Rp 500 juta dikalikan 100

Begitu persamaan telah selesai disusun, Anda dapat menghitung laba atas investasi. Dalam  kasus perusahaan A, jawabannya ialah sebesar  20%.

 

sumber; ciputraentrepreneurship

 
Leave a comment

Posted by on March 6, 2011 in Hitung Laba Investasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: