RSS

Membangun Bisnis Properti

02 Aug

Sebelum kita berinvestasi dengan berbisnis jual Perumahan, apartemen ataupun berbisnis jual kondominium ada baiknya kita mengenal dulu pergolakan ekonomi negara kita. Banyak sekali apartement di sekitar kita, yang terkenal salah satunya adalah kemang village yang banyak tersedianya apartment for sale di daerah kemang village ini. Namun pada saat ini apakah bisnis jual kondominium atau pun berbisnis jual apartemen menguntungkan? Ada baiknya sebelum memilih apartment for sale yang di sediakan ada baiknya kita baca artikel ini.

Turunya suku bunga bank (BI Rate) dari 12,75 % menjadi 12,50% berdampak pada sektor perumahan di Indonesia. Bahjan beberapa bank, seperti BTN sudah menurunkan suku kredit komersial. Kondisi membuat bisnis properti kembali bergairah. Meskipun demikian kebijakan soal penurunan bunga ini tergantung dari pusat. Karena harus memperhatikan berbagai faktor, termasuk simpanan bagi penabung deposito. “bunga bank deposito juga tidak boleh melebihi dari batas yang ditentukan LPS (Lembaga Penaminan Pinajaman).

Bisnis property, apartemen dan juga kondominium kian marak digalakan. Meskipun harga apartment dan kondominium kian meningkat tetapi bisnis apartemen semakin meningkat. Di tahun 2008 ini, akan dibangun berkisar 20 proyek pembangunan apartment dengan unit yang mencapai 13.128 unit. Hal ini berdasarkan pelaporan survey Bank Indonesia. Menurut laporan BI, hal ini mengindikasikan pertambahan bisnis hunian yang mengarah pada persaingan. Pasokan pada triwulan IV 2007 sebesar 2.623 unit. Penambahan apartemen ini berasal dari berdirinya beberapa apartemen seperti : Cityloft, Oakwood Premier Cozmo, Salemba residence tower A, Mediterania Marina Residence Tower C, Mediterania Garden Residence serta Marbela Kemang Residence Tower A. Tentunya penawaran unit baru ini menandakan bisnis property semakin membaik.ini fenomena yang terjadi di Kota Jakarta.

Sedangkan di Surabaya, dilaorkan pemerintah optimis tahun ini mampu melampau terget realisasi perumahan berdasar rencana jangka menengah (RPJM) 2004-2009. Menpera Yusuf Asy’ari mengatakan berdasar rencana itu, ditargetkan realisasi penyediaan rumah layak huni masyarakat mencapai 1,350 juta unit (wow angka yang besar untuk jumlah rumah).

Berdasar data pembangunan RSH pada tahun 2008, baru terealisasi 1,026 juta unit atau 81,12 % dari target pembangunan 1,265 juta unit. Sementara untuk realisasi rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) mencapai 28,118 unit dari target 60 ribu unit (wow lagi, jumlah yang luar biasa).

Sedangkan untuk rumah susun sederhana ha milik (Rusunami) dari target pembangunan 25 ribu unit sampai akhir tahun lalu, masih mencapai 2.633 unit atau 10% saja.

Dari target 3,6 juta unit rumah yang mendapat pinjaman, realisasi masih mencapai 3,342 juta unit sampai akhir 2008 atau baru 92,86%. ditargetkan pada tahun 2009 realisasi mencapai 4,067 juta unit rumah yang mendapat kucuran kredit atau 112% dari target.

Dari angka-angka tersebut, tentu anda percaya bahwa setiap era kementrian bisnis property bukan surut, malainkan akan naik-naik ke puncak gunung bak harga tanah.

 
Leave a comment

Posted by on August 2, 2009 in Membangun Bisnis Properti

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: